Jaga Pilar

Bandung Lautan Api: Mengenal 3 Tokoh Pahlawan yang Terlibat

1 Mins read

Pilarkebangsaan.com. Di balik keindahan Bandung kini, ibukota Provinsi Jawa Barat ini pernah menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan Sekutu. Salah satu peristiwa perjuangan di Bandung yang paling terkenal adalah Bandung Lautan Api.

Seperti namanya, Bandung Lautan Api merupakan peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung, tepatnya pada tanggal 23 Maret 1946. Demi mencegah tentara sekutu dan tentara NICA Belanda menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka dalam waktu tujuh jam dan meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung.

Dalam peristiwa ini, setidaknya terdapat 3 tokoh yang sangat berjasa dalam menggerakan perlawanan kepada sekutu hingga terjadinya Bandung Lautan Api. Berikut ulasannya.

Tokoh Bandung Lautan Api: Mohammad Toha

Merupakan salah satu anggota Barisan Rakyat Indonesia (BRI), Mohammad Toha adalah salah satu komandan pejuang yang ditugaskan dalam misi menghancurkan gudang senjata dan amunisi milik pasukan sekutu.
Tokoh pahlawan yang merupakan warga asli Bandung ini berhasil melaksanakan misinya, meski harus mengorbankan nyawanya bersama seorang pejuang lainnya yang bernama Mohammad Ramdan. Pengorbanannya tidak sia-sia, karena setelah peledakan ini, sekutu mengalami kerugian besar dan kehilangan pasokan senjatanya.

Kolonel A.H. Nasution

Kolonel Abdul Haris Nasution merupakan komandan divisi III dari Tentara Rakyat Indonesia (TRI) atau yang saat ini disebut sebagai TNI. Ia berperan besar dalam pengambilan keputusan peristiwa Bandung Lautan Api, setelah sekutu memberikan ultimatum.
Kolonel A.H. Nasution bersama para pejuang lainnya tidak rela jika Bandung dimanfaatkan oleh pihak sekutu. Melalui musyawarah Madjelis Persatoean Perdjoeangan Priangan (MP3), dihadapan semua kekuatan perjuangan pihak Republik Indonesia, Kolonel A.H. Nasution mengumumkan hasil musyawarah dan memerintahkan evakuasi kota Bandung. Hari itu juga, penduduk Bandung membakar rumah mereka dan meninggalkan kota Bandung.

Mayor Rukana

Merupakan komandan Polisi Militer Bandung, Mayor Rukana adalah sosok dibalik ide peristiwa Bandung Lautan Api. Saat musyawarah bersama Kolonel A.H Nasution dan para pejuang lainnya, awalnya Rukana berpendapat untuk melawan dengan meledakkan terowongan Sungai Citarum yang ada di Rajamandala agar sungai meluap dan membuat Bandung menjadi lautan air. Namun karena Mayor Rukana mengatakannya dengan emosi yang meluap-luap, ia malah salah menyebut lautan air dan menjadi lautan api.

Itu dia 3 tokoh di balik peristiwa Bandung Lautan Api. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu!

(RYFA).Ā 
Selengkapnya baca di sini I
2118 posts

About author
Pilarkebangsaan.com adalah media yang menfokuskan diri pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan kenegaraan
Articles
Related posts
Jaga Pilar

Memahami Keterlibatan TNI dalam RUU Antiterorisme

4 Mins read
Pasal 43 B ayat (1) Draft RUU Antiterorisme menjelaskan, bahwa kebijakan dan strategi nasional penanggulangan Tindak Pidana Terorisme dilaksanakan oleh Kepolisian Negara…
Jaga Pilar

Melawan Ujaran Kebencian dalam Pusaran Ruang Publik

2 Mins read
Berhati-hatilah berbicara, menulis atau berkomentar tentang suatu hal di ruang publik, jika tidak ingin terjerat oleh aturan tentang ujaran kebencianĀ (hate speech). Ini…
Jaga Pilar

Kasus Bali Nine dan Keefektifan Hukuman Mati bagi WNA

2 Mins read
KasusĀ Bali NineĀ menjadi babak kelam dalam hubungan diplomatik Indonesia dan Australia. Penangkapan sembilan warga negara Australia pada tahun 2005 karena penyelundupan heroin berujung…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *