Telaah

Game Daring dan Potensi Perekrutan Teroris

2 Mins read

Keberadaan game daring yang menjadi salah satu sarana bermain dan hiburan anak, adalah sebuah jawaban dari kemudahan akses informasi dan teknologi yang semakin cepat. Di satu sisi, game daring menjadi teman bagi anak-anak pada saat ini karena seperti sudah menjadi bagian dari kehidupan anak. Namun di sisi lain, keberadaan game daring nyatanya menciptakan jarak yang cukup jauh antara hubungan anak-anak secara langsung karena sudah asik dengan handphone yang dimiliki.

Tantangan yang begitu besar terhadap arus perkembangan game daring ini adalah strategi perekrutan teroris yang dilakukan melalui game daring. Dilansir dari Antaranews.com, pada (11/10/23) pengamat Intelijen dan Keamanan Nasional Dr. Stepi Anriani mengatakan bahwa perekrutan calon teroris jaringan internasional sudah masuk ke Indonesia melalui game daring. Para orang tua perlu untuk diingatkan untuk terus melakukan pengawasan terhadap terkait game yang dimainkan oleh anak bersama teman-temannya, atau ketika berada di rumah.

Inilah salah satu dampak besar yang diciptakan oleh¬†teknologi¬†pada konteks penyebaran terorisme. Teknologi digital yang melibatkan¬†cyberspace¬†seperti¬† internet memberikan¬†¬† keleluasaan¬†¬† bagi¬†¬† semua pihak termasuk aktor non-negara seperti individu,¬†¬†¬† kelompok¬†¬†¬† atau organisasi terorisme.¬† Internet seringkali digunakan oleh kelompok atau organisasi terorisme sebagai¬† alat¬† (tool)¬† dalam¬† melaksanakan aktivitas terornya¬† (cyberterrorism) untuk menggalang¬†¬† dukungan, seperti propaganda¬†¬† dan¬† indoktrinasi. Ruang¬†cyber¬† menjadi¬† suatu¬†¬†¬† media¬†¬†¬† yang dimanfaatkan¬† karena¬† pelaku¬† teror¬† tidak akan¬† segera¬† teridentifikasi¬† saat¬† itu¬† juga oleh¬† ‚Äėsi¬† empunya‚Äô¬† atau¬† aktor¬† negara. Kelemahan tersebut yang pada akhirnya dieksploitasi¬† oleh¬† ‚Äėsi¬† tidak¬† punya‚Äô¬† ataun aktor non-negara.

Kelompok teroris yang menggunakan internet sebagai sarana merekrut para teroris adalah Al-Qaeda. Dalam kasus Al-Qaeda yang menyerang Pakistan setelah pihak Angkatan udara Amerika menyerang Damadola Pakistan, kelompok teroris tersebut berusaha menyusup pada website Amerika Serikat dengan propaganda bahwa mereka mengingatkan Amerika melalui teror yang terus menerus dan berkepanjangan. Internet dalam setiap aplikasi yang tersedia, memberikan room chat yang bisa terjalinnya komunikasi dari pengguna ke pengguna lain.

Maka dari itu, pemanfaatan game daring untuk kepentingan perekrutan teroris, justru menjadi sebuah strategi yang sangat bagus karena hampir semua orang beranggapan bahwa, game daring hanyalah sebuah permainan yang dimanfaatkan untuk hiburan atau hanya mengisi waktu kosong. Melalui game daring ini melalui room chat yang ada di aplikasi game dengan menanyakan nama, atau memperkenal diri, kemudian berlanjut dengan dengan pencucian otak dan berlanjut proses perekrutan yang tidak disadari oleh para pengguna aplikasi game tersebut.

Para teroris membangun jaringan dengan sangat kuat semenjak adanya internet. Selain karena internet memberikan kemudahan yang begitu baik, internet tidak terbatas ruang dan waktu dan sulit dideteksi oleh aparat pemerintah karena dengan waktu yang sangat singkat, pemblokiran segala jenis akun yang disinyalir sebagai akun para teroris, dengan cepat bisa diganti melalui akun media sosial yang lain.

Kesadaran dan Peningkatan Literasi

Berdasarkan informasi ini, kita dapat mengetahui bahwa pergerakan terorisme di internet adalah modus baru yang dimiliki oleh para teroris semenjak berkembangnya internet. Melalui game daring, yang bisa dikatakan penggunanya adalah anak-anak ataupun bisa jadi orang dewasa, perlu memahami tantangan yang sangat jelas bahayanya bagi kehidupan. Bagi anak-anak, sangat perlu pengawasan dari orang tua. Orang tua perlu memantau interaksi anak melalui game daring yang dimainkan.

Pemantauan terhadap segala jenis aplikasi game daring yang digunakan oleh anak-anak sebagai upaya pencegahan ideologisasi terorisme yang membahayakan masa depannya. Sikap awareness yang dimiliki orang tua harus terus ditingkatkan melalui peningkatan literasi tentang terorisme. Wallahu A’lam.

867 posts

About author
Pilarkebangsaan.com adalah media yang menfokuskan diri pada topik kebangsaan, keadilan, kesetaraan, kebebasan dan kemanusiaan.
Articles
Related posts
Telaah

Transformasi Penduduk Dorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

1 Mins read
Transformasi penduduk, yang mencakup perubahan dalam struktur usia, distribusi geografis, dan dinamika demografis lainnya, memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang…
Telaah

Merawat dan Melestarikan Amaliah Kebangsaan Pesantren

3 Mins read
Tidak diragukan lagi bahwa pesantren‚ÄĒmaksudnya pergerakan kiai dan santri‚ÄĒmemiliki kans dalam kekuatan politik. Dalam sejarah pergerakan kemerdekaan bangsa kita, kaum pesantren tidak…
Telaah

Jurnalisme Berkualitas: Rongrongan bagi Kebebasan Publik Digital

3 Mins read
Topik ‚ÄúJurnalisme Berkualitas‚ÄĚ sedang menjadi isu hangat di berbagai kanal media digital beberapa waktu belakangan. Draf Perpres (Peraturan Presiden) Jurnalisme Berkualitas sendiri…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *