Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila, Akankah Pancasila Tetap Sakti?

1 Mins read

SOEKARNO pernah berkata “Bangsa Yang besar, adalah Bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya”, sebelumnya perlu diingat Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober, berbeda dengan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni yang merupakan awal mula Pancasila sebagai lambang negara.

Dari tahun ke tahun hari Kesaktian Pancasila di Indonesia selalu diperingati pada tanggal 1 Oktober setiap tahunnya. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diatur dalam Keppres RI Nomor 153 Tahun 1967 tentang Penetapan Tanggal 1 Oktober sebagai Peringatan Hari kesaktian Pancasila.

Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila adalah buah dari perjuangan bangsa dalam mempertahankan Ideologi Bangsa Indonesia yang mana kaitannya erat dengan kejadian kelam G30S/PKI pada tanggal 30 September 1965.

Pada tanggal 30 September akan diperingati dengan pengibaran Bendera Merah Putih setengah tiang, kemudian pada tanggal 1 Oktober bendera di kibarkan dengan penuh. Pengibaran bendera setengah tiang memiliki makna duka atas gugurnya Pahlawan Revolusi pada kejadian G30S/PKI dan pada tanggal 1 Oktober bendera dikibarkan secara penuh adalah bentuk dari Kemenangan Bangsa Indonesia dalam mempertahankan Idelogi Pancasila.

Untuk mengenang perjuangan bangsa dan jasa para pahlawan setiap tanggal 1 Oktober dilaksanakan upacara di Monumen Pancasila Sakti yang berlokasi di Lubang Buaya, dilanjutkan dengan menabur bunga di makan para pahlawan revolusi di TMP kalibata.

Nilai-nilai yang ada dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dirubah oleh pihak PKI bahkan pihak mana pun, karena Pancasila merupakan suatu kesaktian yang mempunyai makna penting bagi kehidupan seluruh rakyat Indonesia.Pancasila juga merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia, yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.

Hari Kesaktian Pancasila adalah momentum bagi kita untuk meningkatkan rasa nasionalisme mengingat sejarah Indonesia mempertahankan Pancasila sebagai ideologi yang tidak bisa digantikan oleh paham manapun. Kesaktian Pancasila memiliki makna bahwa Pancasila merupakan bagian dari pedoman dan pandangan hidup bangsa Indonesia

Memperingati hari Kesaktian Pancasila merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada para pahlawan, yaitu untuk melanjutkan perjuangan mereka dalam hal mengedepankan nilai nilai yang ada dalam Pancasila, melanjutkan semangat juang para pahlawan dengan terus mengamalkan Pancasila disetiap aspek kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara. Sudah semestinya kita sebagai generasi penerus untuk tetap menjaga kesaktian Pancasila.

Muhammad Ramadhan

Selengkapnya baca di sini I

2121 posts

About author
Pilarkebangsaan.com adalah media yang menfokuskan diri pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan kenegaraan
Articles
Related posts
Pancasila

Pancasila Itu Identitas Berbaangsa dan Bernegara, Berpeganglah!

2 Mins read
Kehidupan berbangsa dan bernegara tidak lain merupakan kehidupan berkonstitusi. Dalam konteks bernegara, nilai-nilai dasar Pancasila menjadi jiwa bagi identitas konstitusional bangsa Indonesia…
Pancasila

Mengkaji Lima Sila Pancasila dalam Ayat Al-Qur'an

2 Mins read
Alamsjah Ratoe Perwiranegara, Menteri Agama Republik Indonesia (1978-1983) pernah mengatakan, “Pancasila merupakan hadiah terbesar umat Islam bagi kemerdekaan dan persatuan Indonesia”. Karena…
Pancasila

Quraish Shihab Ulas Teladan Perjanjian Hudaibiyah saat Pancasila Disusun

1 Mins read
Pakar tafsir Al-Quran kenamaan Indonesia Prof. Dr. Quraish Shihab menjelaskan bahwa boleh jadi para pemimpin bangsa Indonesia saat merumuskan Pancasila terinspirasi dari…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *