Telaah

Hukum Membuka Jilbab di Hadapan Wanita Non Muslim

1 Mins read

ย Saat ini banyak di antara para muslimah yang membuka jilbab ketika berada di hadapan wanita non muslim. Ini disebabkan karena mereka sama-sama perempuan sehingga dianggap wajar andaikan mereka melepas jilbabnya. Namun sebenarnya bagaimana hukum membuka jilbab di hadapan wanita non muslim ini, apakah sama denganย membuka jilbabย di hadapan sesama muslimah yang lain? (Baca:ย Wanita Non Muslim Memakai Hijab, Gimana Pandangan Hukum Islam?)

Membuka jilbab bagi seorang muslimah di hadapan perempuan non muslim hukumnya adalah boleh. Ini karena bagian kepala, termasuk rambut, bukan termasuk bagian aurat yang wajib ditutupi oleh seorang muslimah ketika ia berada di hadapan perempuan non muslim.

Menurut ulama Hanabilah, batasan aurat perempuan muslimah di hadapan perempuan non muslim itu sama batasannya ketika berada di hadapan laki-laki yang mahram, yaitu antara pusar dan lutut. Jika mengikuti pendapat ini, maka perempuan muslimah boleh menampakkan rambut, atau anggota lain selain anggota yang berada di wilayah antara pusar dan lutut kepada perempuan non muslim. Ia boleh membuka jilbabnya di hadapan perempuan non muslim karena hal itu tidak termasuk aurat yang wajib ditutupi.

Sementara menurut kebanyakan para ulama, batasan aurat perempuan muslimah ketika berada di hadapan perempuan non muslim adalah semua badannya kecuali anggota tubuh yang biasa tampak ketika perempuan melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga. Misalnya, lengan, betis, dan tentunya kepala.

Hal ini sebagaimana telah disebutkan oleh Syaikh Wahbah Al-Zuhaili dalam kitabย Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhuย berikut;

ูˆูŽุนูŽูˆู’ุฑูŽุฉูŒ ุงู„ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุฉู ุงูŽู…ูŽุงู…ูŽ ุงู„ูƒูŽุงููุฑูŽุฉู: ุนูŽูˆู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุฉู ุงูŽู…ูŽุงู…ูŽ ุงู„ู’ูƒูŽุงููุฑูŽุฉู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽุงุจูŽู„ูŽุฉู ูƒูŽุงุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ู ุงู„ู’ู…ูุญู’ุฑูู…ู: ู…ูŽุงุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ุณูู‘ุฑูŽู‘ุฉู ูˆูŽุงู„ูู‘ุฑูƒู’ุจูŽุฉู. ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ู’ู‡ููˆู’ุฑู: ุฌูŽู…ููŠู’ุนู ุงู„ู’ุจูŽุฏูŽู†ู ู…ูŽุงุนูŽุฏูŽุงู…ูŽุงุธูŽู‡ูŽุฑูŽ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู’ู…ูู‡ู’ู†ูŽุฉู ุงูŽูŠู ุงู„ุงูŽุณู’ุบูŽุงู„ู ุงู„ู’ู…ูŽู†ู’ุฒูู„ููŠูŽู‘ุฉู.

Batasan aurat perempuan muslimah di hadapan perempuan non muslim; aurat perempuan muslimah di hadapan perempuan non muslim seperti di hadapan laki-laki mahram, yaitu antara pusar dan lutut. Menurut kebanyakan ulama, semua badan kecuali anggota yang tampak ketika bekerja, yaitu bekerja pekerjaan-pekerjaan rumah.

Karena itu, baik mengikuti pendapat ulama Hanabilah maupun kebanyakan para ulama, seorang muslimah boleh membuka jilbabnya ketika berada di hadapan perempuan non muslim. Ini karena bagian kepala, termasuk rambut, termasuk bagian tubuh yang biasa dibuka oleh perempuan ketika mengerjakan pekerjaan rumah, dan menurut ulama Hanabilah tidak termasuk bagian aurat yang wajib ditutupi.

Moh Juriyanto. Peneliti el-Bukhari Institute
Selengkapnya baca di sini I
2121 posts

About author
Pilarkebangsaan.com adalah media yang menfokuskan diri pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan kenegaraan
Articles
Related posts
Telaah

Merusak Rumah Ibadah: Ajaran Setan yang Harus Dihindari

3 Mins read
Catatan kali ini ingin menyoroti persoalan rumah ibadahย yang sudah menaun, kurang mendapat penanganan dari pihak pemerintah. Catatan ini dipicu oleh pengrusakan sebuah…
Telaah

Peran Perempuan di Industri Ekonomi Kreatif untuk Indonesia

2 Mins read
Indonesia adalah sebuah negara yang mulai memasuki kondisi bonus demografi dimana 70,72% dari 270.203.917 juta penduduknya merupakan kelompok produktif yang berusia 15-64…
Telaah

Tapera Vs Investasi, Mana yang Urgen untuk Bangsa dan Negara?

2 Mins read
Apa Keuntungan Masing-Masing dan Manakah yang Lebih Fleksibel Terhadap Keuangan? Perencanaan keuangan yang cermat adalah kunci utama dalam mencapai stabilitas finansial di…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *