Jaga Pilar

Inilah Perbedaan Sholat Malam dan Sholat Tahajud

1 Mins read

Masyarakat kita pada umumnya menganggap bahwa sholat malam yaitu sholat tahajud, atau menganggap sholat tahajud sebagai sholat malam. Namun demikian karena pada dasarnya  istilah yang digunakan berbeda maka mempunyai pengertian yang berbeda pula. Berikut akan penulis jelaskan mengenai perbedaan keduanya.

Imam Nawawi dalam kitabnya Nihayatuz Zain, hal 113 menjelaskan perbedaan ini

 والنفل المطلق بالليل أفضل منه بالنهار ومن النفل المطلق قيام الليل وإذا كان بعد نوم ولو في وقت المغرب وبعد فعل العشاء تقديما يسمى تهجدا

Artinya, “Sholat sunah mutlak di malam hari lebih utama daripada sholat sunah mutlak di siang hari. Salah satu sholat sunah mutlak adalah shalat malam. Bila sholat malam dilakukan setelah tidur, sekalipun hanya tidur di waktu Mahrib atau setelah sholat Isya yang ditaqdim dengan Mahrib, maka sholat malam itu disebut sholat tahajud,”

Dengan jelasnya dari pendapat ini bisa dikatakan bahwa sholat malam adalah segala sholat sunah yang dilakukan malam hari. Waktunya yaitu setelah selasai melaksanakan sholat Isya’ dan berakhir pada waktu fajar subuh entah itu dilakukan setelah tidur maupun sebelum tidur.

Dan berikut contoh-contoh sholat malam, yaitu sholat tarawih, sholat bakdiyah Isya’, sholat hajat yang dilakukan malam hari dan sebagainnya.

Sedangkan sholat tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan pada malam hari dan dilakukan setelah tidur. Imam Nawawi dalam pendapatnya di atas menyatakan walaupun tidurnya di waktu Mahrib.

Sholat Tahajud Itu Pasti Sholat Malam

Dari pendapat ini bisa diambil kesimpulan juga bahwa sholat tahajud tidak harus didahului sholat Isya terlebih dahalu kemudian tidur kemudian melaksanakan sholat tahajud. Asalkan pada malam hari telah tidur maka ketika bangun dan melakukan sholat sunah maka sholatnya tersebut dianggap sholat tahajud.

Namun demikian, lebih baiknya jangan tidur sebelum melakukan sholat Isya, karena hal demikian tidak disenangi Rasulullah. Rasulullah dalam sabdanya menyatakan bahwa dirinya tidak menyukai orang yang tidur sebelum melakukan sholat Isya.

Dari semua ini, bisa dikatakan bahwa semua sholat tahajud pasti sholat malam. Dan tidak semua sholat malam dianggap sholat tahajud.

Demikianlah perbedaan keduanya yang perlu diketahui oleh orang Islam. Sebagai tambahan bahwa sholat tahajud itu mempunyai keutamaan yang luar biasa. Keutamaannya ini tergambar jelas dalam Firman Allah, Surat Al-Isra ayat 79

 وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Semoga dengan mengetahui perbedaan keduanya serta mengetahui keutamaannya, kita akan diistiqomahkan oleh Allah untuk melakukannya, Amin.

2121 posts

About author
Pilarkebangsaan.com adalah media yang menfokuskan diri pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan kenegaraan
Articles
Related posts
Jaga Pilar

Kemanan Cyber sebagai Upaya Melindungi NKRI

2 Mins read
Keamanan cyber, juga dikenal sebagai keamanan siber, adalah upaya untuk melindungi sistem komputer dan jaringan dari berbagai ancaman atau akses ilegal. Keamanan…
Jaga Pilar

Menilik Matinya Kritisisme: Tantangan Kebangsaan Terkini

3 Mins read
Kesadaran manusia sebagai makhluk berkesadaran rupanya tidak banyak disadari oleh manusia, dengan kata lain hanya sedikit dari mereka yang sadar sebagai makhluk…
Jaga Pilar

Ironi Kebangsaan: Saudi Menuju Moderasi, NKRI Menuju Wahabisasi

3 Mins read
Kelompok Wahabi tak henti-hentinya menjadi perbincangan publik dan menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat Indonesia. Wahabi merupakan aliran pemikiran Islam yang berpegang teguh…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *