Religius

Karakteristik Dasar Guru Muhammadiyah yang Menakjubkan

1 Mins read

Kompetensi Dasar Guru Muhammadiyah

Pendidikan memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk generasi muda dan mengatasi tantangan nasional dan kemanusiaan. Oleh karena itu, Prof. Haedar Nasir telah mengidentifikasi delapan keterampilan yang mampu dimiliki oleh guru Muhammadiyah agar dapat menjalankan peran mereka dengan efektif dalam mendukung pendidikan serta mencapai tujuan pendidikan sesuai dengan visi nasional (Nashir, 2020).

Guru Muhammadiyah mampu memiliki pemahaman yang mendalam tentang visi pendidikan nasional yang tertuang dalam Konstitusi, sebagaimana diatur dalam Pasal 31 UUD 1945. Visi ini mampu menjadi dasar utama dalam mendidik generasi muda. Selain itu, guru Muhammadiyah juga mampu memahami peta jalan, konsep dasar, visi, dan filosofi pendidikan Muhammadiyah sebagai landasan untuk melaksanakan proses pembelajaran (Nashir, 2020).

Integritas tinggi, moral yang kuat, dan akhlak yang baik merupakan bagian penting dari kehidupan seorang guru Muhammadiyah. Mereka mampu menjadi contoh teladan bagi para murid mereka serta membantu membangun karakter mereka. Selain mata pelajaran yang diajarkan, para guru juga perlu memahami wawasan keagamaan Muhammadiyah seperti Al Islam Kemuhammadiyahan dan Fatwa Majelis Tarjih sebagai panduan dalam menjalankan ibadah (Nashir, 2020).

Namun demikian, kompetensi seorang guru Muhammadiyah tidak terbatas hanya pada aspek agama saja. Mereka juga mampu memiliki pemahaman luas tentang berbagai disiplin ilmu, bukan hanya dalam disiplin yang mereka spesialisasi. Ini akan memberikan perspektif yang lebih kaya dan memungkinkan mereka untuk terus berkembang secara holistik (Nashir, 2020).

Seorang pendidik Muhammadiyah mampu memiliki pemahaman yang luas, terbuka, dan fleksibel dalam berbagai situasi, baik dalam lingkup agama, persaudaraan umat, nasionalisme, maupun kemanusiaan global. Hal ini sangat penting terutama ketika mereka berada dalam kondisi minoritas (Nashir, 2020).

Profesionalisme juga menjadi aspek penting dalam kompetensi guru Muhammadiyah. Mereka mampu selalu belajar dan mengikuti perkembangan teknologi, serta meningkatkan kualitas daya saing pendidikan Muhammadiyah. Profesionalisme dan keikhlasan mampu diintegrasikan sebagai satu kesatuan. Selain itu, guru Muhammadiyah mampu mendorong inovasi dalam pendidikan, baik melalui penelitian ilmiah maupun riset. Inovasi menjadi bagian penting dalam peran mereka sebagai pendidik (Nashir, 2020).

Uraian kompetensi di atas merupakan fondasi utama yang mampu dimiliki oleh guru Muhammadiyah untuk mampu berperan sebagai pilar pendidikan yang kuat, menghadapi berbagai tantangan, dan mencapai tujuan pendidikan sesuai dengan visi nasional.

Dengan mengembangkan kompetensi ini, guru Muhammadiyah akan dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam mendukung pendidikan dan mengatasi permasalahan kebangsaan serta kemanusiaan. Mereka akan menjadi garda terdepan dalam mencetak generasi muda yang berkualitas dan siap menghadapi masa depan (Nashir, 2020).

Alvin Lazuardy

Penulis Buku Merawat Nalar Salim, Konsentrasi di Bidang Literasi, Pemikiran dan Dakwah Islam. Lulusan Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor,
951 posts

About author
Pilarkebangsaan.com adalah media yang menfokuskan diri pada topik kebangsaan, keadilan, kesetaraan, kebebasan dan kemanusiaan.
Articles
Related posts
Religius

Naskah Pidato Buya Siradjuddin Abbas: PERTI dan Revolusi (Bagian 2)

3 Mins read
Saudara-saudara Garis politik yang¬†dijalankan PERTI,¬†sedari dulu sampai sekarang dan insyaallah pada zaman yang akan datang, ialah garis yang lurus, tidak condong ke…
Religius

Pandangan Islam terhadap Perubahan Sosial di Era Globalisasi

4 Mins read
Dalam beberapa dekade, globalisasi telah memiliki dampak yang signifikan pada kehidupan manusia yang mencakup berbagai aspek, seperti perkembangan teknologi, peningkatan integrasi perdagangan,…
Religius

Makna dan Sejarah Asyura : Refleksi Keberagaman

2 Mins read
Tahun ini Hari Asyura atau tanggal 10 Muharam jatuh pada Selasa 16 Juli 2024. Peristiwa paling terkenal di hari ini adalah pembunuhan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *