Telaah

Memahami Ajakan Jokowi ke Pengusaha Singapura untuk Investasi ke IKN

2 Mins read

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah salah satu proyek strategis nasional yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia. IKN Nusantara direncanakan akan diresmikan pada 17 Agustus 2024, bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79.

Terdapat tiga tujuan utama IKN, yakni simbol identitas nasional, kota berkelanjutan di dunia, serta sebagai penggerak ekonomi Indonesia di masa depan. Pembangunan IKN, selain menjadi upaya mengubah paradigma pembangunan menjadi Indonesia-sentris, juga sekaligus untuk merealisasikan Visi Indonesia 2045, yaitu menyongsong Indonesia emas 2045.

Ajakan Presiden Jokowi kepada para investor Singapura untuk menanamkan modalnya dalam pengembangan IKN (Ibu Kota Nusantara). Menurut Presiden, hal ini merupakan kesempatan emas bagi para investor untuk menjadi bagian dalam pembangunan kota dengan konsep kota pintar masa depan berbasis alam dengan 65% adalah hutan, serta IKN merupakan tempat strategis untuk berinvestasi sebab pemindahan IKN sudah didasari oleh Undang-undang Ibu Kota Negara (UU IKN).

Dipilihnya konsep tersebut, karena hal itu merupakan bentuk komitmen Indonesia dalam pengembangan energi hijau dan industri hijau. Hal tersebut diwujudkan dengan pembangunan peresmian di dua lokasi berbeda di Tanah air sebagai langkah awal dalam pengembangan IKN.

Presiden meyakini bahwa, dalam pengembangan energi baru terbarukan, Indonesia memiliki potensi besar pada energi tersebut mencapai 434 giga watt geotermal, angin, surya, bioeful, dan hidro. Presiden Jokowi menyebutkan Indonesia memiliki 4.400 dengan potensi besar seperti sungai kayan diPulau Kalimantan yang menjadi sumber energi hijau bagi kawasan industri hijau di Kalimantan utara, dan menjadi prioritas di sekitar hilirisasi, infustri manufaktur panel surya dam baterai, serta industri kendaraan listrik.

Pada tanggal 6-8 Juni 2023 berlangsung Ecosperity Week 2023 yang merupakan pertemuan global bergengsi yang diadakan oleh Temasek dan dihadiri oleh para pemimpin bisnis, pelaku industri, lembaga think tank, akademisi, dan pejabat pemerintah dunia. Ecosperity tahun 2023 mengangkat tema “Breakhthroughs for Net Zero” dan bertujuan menggerakan sektor publik dan private sektor dalam mencapai net zero emission.

“Saya sarankan Anda untuk tidak menunggu terlalu lama. Ini adalah kesempatan emas yang sangat menarik di Indonesia dan Anda bisa menjadi bagian di dalamnya,” ucap Presiden Jokowi dalam pidatonya pada Ecosperity Week 2023 yang digelar di Sands Expo and Convention Center, Singapura, pada Rabu, 7 Juni 2023.

Jokowi menjelaskan bahwa sektor swasta yang sudah masuk pada tahap awal, akan disiapkan sebsar 300 paket investasi dengan total nilai 2,6 miliar dolar. Sektor yang dapat dijajaki investor yakni sektor perumahan, transportasi, energi, teknologi, dan lainnya.

Untuk itu, Presiden Jokowi menghimbau kepada para peserta untuk tidak khawatir pada jumlah minimal populasi, Indonesia mempunyai populasi terbesar ke empat di dunia.

“Nusantara will be a comfortable city to live in and to do business. I know housing prices here have risen very high (Nusantara akan menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali dan berbisnis),” kata Jokowi dalam pidatonya di Ecosperity Week di Singapura, yang disiarkan kanal  YouTube Setpres, Rabu (7/6/2023).

Jokowi menekankan bahwa IKN (Ibu Kota Indonesia) akan menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali. Saat ini pembangunan IKN sudah dimulai denngan pembangunan infrastruktur dasar dan pusat pemerintahan yang ditargetkan rampung tahun ini.IKN juga sangat menjanjikan untuk tempat berbisnis.

Diketahui bahwa terdapat tiga hal yang menjadi fokus imvestor. pertama, terkait jumlah warga yang menghuni, di tahun 2024 Nusantara akan dihuni oleh 200.000 orang. Kedua, terkait akses dan konektivitas di tahun ini akan ada jalan tol yang mnehubungkan Balikpapan-Nusantara dengan rentan waktu kurang lebih 50 menit.

Ketiga, terkait stimulus insentif. Menurut kepala OIKN, ibukota Nusantara sangat menjajikan. pertama, memiliki hukum yang sangat kuat, sebuah dasar legalitas untuk melanjutkan dan mengaransi keberlanjutan proyek ini.

‘Kedua kami menyediakan beberapa insentif, yang melebihi insentif rata-rata yang kami miliki di Indoesia,” Kata Bambang. Selain itu, Jokowi juga memastikan pemerintahan untuk menyiapkan insentif fiskal kepara para investor. Mulai dari tax holiday, non collected PPn, super deducation tax, hingga bea impor.

Aulia Safitri

Menempuh Pendidikan D3 RMIK
771 posts

About author
Pilarkebangsaan.com adalah media yang menfokuskan diri pada topik kebangsaan, keadilan, kesetaraan, kebebasan dan kemanusiaan.
Articles
Related posts
Telaah

Mengampuni Koruptor dan Koleganya, Haruskah?

3 Mins read
Pemerintah dan DPR berencana menerbitkan Undang-Undang Pengampunan Nasional. Dalam naskah Rancangan Undang-Undang Pengampunan Nasional yang beredar, pengampunan yang biasanya dilakukan dalam bidang…
Telaah

Etika Penggunaan Informasi Tiktok, Literasi Digital Kunci Utama

2 Mins read
Digitalisasi mendorong perubahan perilaku di masyarakat dengan hadirnya sejumlah platform yang semakin beragam. TikTok merupakan salah satu bentuk dari perkembangan teknologi dan informasi yang…
Telaah

Kegamangan Beragama Mengancam Keutuhan Sosial

2 Mins read
Mahasiswa Tangerang Selatan digeruduk warga saat melakukan kegiatan peribadatan. Kegiatan peribadatan tersebut dilakukan di sebuah rumah di kawasan Setu, Tangerang Selatan, Senin…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *