NKRI

Nilai-nilai yang Terdapat Dalam Lagu ”Indonesia Raya”

1 Mins read

Menjelang hari kemerdekaan Indonesia biasanya bangsa ini merayakannya dengan upacara kemerdekaan. Pada acara upacara kemerdekaan itu dinyanyikan sebuah lagu yang dikenal dengan lagu Indonesia Raya. Lagu ini cukup populer sehingga ketika lagu itu dinyanyikan hampir bangsa Indonesia menghafalnya.

Pada tulisan ini Saya ingin mengkaji lagu Indonesia Raya dikaitkan dengan pandangan Al-Qur’an. Hal ini bertujuan untuk menipis sangkaan-sangkaan beberapa orang yang mengkafirkan Indonesia karena tidak menggunakan hukum Islam. Apakah isi dari lagu Indonesia Raya itu Senada dengan kandungan Al-Qur’an?

Pada bait pertama sampai bait keempat lagu Indonesia Raya berisi tentang Indonesia sebagai tanah air. Tanah Air ini merupakan tempat di mana seseorang dilahirkan dan dibesarkan. Sehingga sebagai bentuk balas jasa orang tersebut hendaknya menjaga tanah airnya seperti tidak melakukan perbuatan yang menghadirkan perpecahan antar umat beragama karena di Indonesia sendiri terdapat beragam.

Mengenai cinta tanah air disebutkan dalam surah Qashash ayat 85: “Sesungguhnya (Allah) yang mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-hukum) Al-Qur’an benar-benar akan mengembalikan kamu ke tempat kembali.” Sementara mufasir memahami kata “ma’ad” dengan Mekkah. Hal ini menunjukkan bahwa Nabi yang hijrah dari Mekkah merasakan kerinduan yang mendalam. Bentuk kerinduan ini merupakan bagian dari cinta tanah air.

Pada bait kelima sampai kedelapan dijelaskan tentang pentingnya membangun persatuan. Persatuan merupakan wujud dari kebhinnekaan yang dijadikan prinsip negara pluralis ini. Maka, meski negara ini dibangun di bawah perbedaan, tetap negara ini menjaga persatuan. Karena, persatuan adalah inti dari segalanya.

Mengenai pentingnya menjaga persatuan Allah menyebutkan dalam surah Ali Imran ayat 103: “Berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, janganlah bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara.”

Kedua nilai penting yang terdapat dalam lagu Indonesia Raya hendaknya terus direfleksikan dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Bangsa yang mempraktikkan nilai-nilai tersebut akan menjadikan negara ini tetap tegak meskipun orang lain bermaksud menghancurkannya. Karena dengan cara itulah bangsa ini telah mencapai kemerdekaan yang sesungguhnya.

Cinta tanah air dan menegakkan persatuan merupakan langkah untuk menghadirkan perdamaian dan kesejahteraan di tengah-tengah perbedaan, baik perbedaan pemikiran maupun perbedaan keyakinan. Maka tidak ada alasan untuk tidak merefleksikan lagu Indonesia Raya. Karena di dalam lagu ini sarat makna dan sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Selamat atas perayaan kemerdekaan Republik Indonesia dan semoga negara ini menjadi negara yang maju dan berkembang.

Khalilullah

Penulis kadang menjadi pengarang buku-buku keislaman, kadang menjadi pembicara di beberapa seminar nasional
951 posts

About author
Pilarkebangsaan.com adalah media yang menfokuskan diri pada topik kebangsaan, keadilan, kesetaraan, kebebasan dan kemanusiaan.
Articles
Related posts
NKRI

4 ASN Terpapar Terorisme, Pemerintah Jambi Gelar Ikrar Setia NKRI Serentak

1 Mins read
Empat orang  aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Tebo Jambi, diduga terafiliasi jaringan terorisme Negara Islam Indonesia (NII). Dugaan itu juga sudah…
NKRI

Memberantas Labelisasi Kafir di NKRI yang Jadi Pemicu Perpecahan

5 Mins read
Dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tak ada orang kafir. Pemeluk agama disebut berdasar agama masing-masing: orang Islam, orang Kristen, orang…
NKRI

Grand Syekh Al-Azhar Puji Peran Indonesia dalam Mendukung Gaza Palestina

1 Mins read
Grand Syekh Al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad al Thayyeb, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap peran positif dan efektif dari Pemerintah Indonesia dalam mendukung…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *