UUD 45

Sistem Penunjang Keputusan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process

2 Mins read

Penilaian kinerja karyawan, menjadi hal yang penting untuk mendukung kelancaran usaha. Dengan penilaian pemilihan karyawan terbaik, diharapkan dapat membantu meningkatkan motivasi, kinerja dan tanggung jawab karyawan.

Penelitian ini mengambil studi kasus pada Toko Sepatu Saman Shoes, dengan menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Toko sepatu Saman Shoes adalah wirausaha yang bergerak di bidang produk alas kaki sepatu sports untuk kalangan remaja pria dan wanita dengan kualitas lokal sampai kualitas import premium dengan harga yang sangat terjangkau dibawah retail sehingga bisa di jual kembali oleh pelanggan kami.

Saman Shoes berlokasi di alamat Talaga Bestar Komplek The Hills BE No7 Kab Tangerang-Banten ini didirikan pada tahun 2016 oleh pemiliknya yang bernama Saman Alfarizy.

Awalnya Saman Shoes hanya menjual melalui sosial media seperti di Whatsapp, lalu seiring berjalannya waktu mencoba beralih ke marketplace seperti Lazada. Dalam proses berjalannya, proses penilaian pemilihan karyawan terbaik pada Toko Sepatu Saman Shoes belum pernah dilakukan. Dengan belum adanya sebuah proses penilaian pemilihan karyawan terbaik, sehingga karyawan merasakan kurangnya motivasi dalam bekerja.

Maka dari itu beberapa kendala yang dihadapi antara lain karena belum dilakukannya proses penilaian pemilihan karyawan terbaik, dan belum ada metode yang tepat untuk pemilihan. Sebuah aplikasi sistem penunjang keputusan SPK dalam memilih karyawan terbaik yang dapat memudahkan penilaian.

Penelitian ini membahas tentang perancangan Sistem Penunjang Keputusan (SPK) dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Saat memilih karyawan terbaik di toko Sepatu Saman Shoes tujuannya adalah untuk menghasilkan rekomendasi keputusan yang lebih obyektif setiap bulannya ketika memilih karyawan terbaik.

Oleh sebab itu, dibutuhkan SPK untuk mengevaluasi pemilihan karyawan terbaik. Metode AHP membentuk kriteria alternatif, dan nilai pembobotan prioritas secara objektif menentukan karyawan terbaik berdasarkan kriteria yang diberikan yaitu kerajinan, tanggung jawab, kerapihan packing, komunikasi.

Pemilik toko sebagai pengambil keputusan akan memberikan reward bonus bagi karyawan terbaik, dengan tujuan agar semakin memotivasi karyawan dalam meningkatkan kinerjanya.

Diharapkan dengan adanya penilaian dan pemilihan karyawan ini, dapat menambah motivasi karyawan agar lebih giat dalam bekerja. Manfaat dari penelitian ini antara lain membangun sistem aplikasi SPK dengan menggunakan metode AHP untuk pemilihan karyawan terbaik, dan akan menghasilkan penilaian lebih obyektif.

Dengan pemberian bonus sebagai hadiahnya, diharapkan menambah motivasi kinerja karyawan. Aplikasi SPK dimaksudkan untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam penentuan karyawan terbaik sesuai kriteria dan alternatif yang diberikan.

Dalam studi sebelumnya, menyatakan bahwa tujuan dari penelitian tersebut yaitu menghasilkan sebuah sistem SPK menggunakan sebuah metode AHP untuk menganalisa pemilihan karyawan berprestasi.

Dengan menggunakan salah satu metodenya, SPK dapat menjadi alat untuk evaluasi kinerja karyawan di perusahaan. Dalam penelitian ini, metode yang diterapkan adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil dari penelitian ini, adalah memberikan alternatif dalam menentukan karyawan berprestasi menggunakan AHP dan Expert Choice, bagi pejabat pemangku kepentingan perusahaan (Septiani, 2017).

Penelitian lainnya yang telah dilakukan, mengemukakan bahwa diperlukan penentuan karyawan terbaik dengan melihat tampilan laporan grafik untuk pendataan checking finishing. Di mana masalah yang ditemukan adalah pendataan Checking Finishing yang dirasakan belum efektif dan efisien. Sehingga dibutuhkan suatu SPK dengan metode AHP dan menggunakan model prototype, untuk membantu pengambilan keputusan dalam mendapatkan informasi, dan menentukan performa karyawan checking finishing terbaik (Hasanudin et al., 2018).

Rifki Syaiful

Rifki Rahman Syaiful adalah seorang karyawan telco yang sudah banyak pengalaman bekerja dengan banyak subcon.
1401 posts

About author
Pilarkebangsaan.com adalah media yang menfokuskan diri pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan kenegaraan
Articles
Related posts
UUD 45

Ada Apa dengan RUU Sisdiknas?

2 Mins read
Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional merupakan suatu hal penting untuk dikenalkan kepada para pelajar. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam pendidikan di Indonesia diatur…
UUD 45

Tata Cara Menjalankan Peraturan Perundang-Undangan

2 Mins read
Peraturan perundang-undangan pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Pertalian yang ada dari peraturan-peraturan tersebut berasal dari keberadaan hierarki yang menjadi…
UUD 45

Hubungan Hukum Dagang dan Hukum Perdata (Pasal 1 KUHD)

2 Mins read
Prof. Subeki, S.H. berpendapat bahwa terdapatnya KUHD di samping KUHS sekarang ini dianggap tidak pada tempatnya, oleh karena sebenarnya “Hukum Dagang” tidaklah…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *