Momentum 17 Agustus merupakan hari yang amat penting bagi seluruh warga negara Indonesia, sebab hari itu diproklamirkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan tersebut, biasanya dirayakan dengan upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih yang diiringi dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya.
Sebagian kelompok Islam menilai dan menuduh bahwa hormat bendera merah putih dalam perayaan upacara serta menyanyikan lagu kebangsaanย Indonesia Rayaย termasuk hal yang dilarang dalam Islam. Menurut anggapan mereka, penghormatan terhadap bendera termasuk tindakan mengagungkan terhadap makhluk yang berlebih-lebihan sehingga perilaku demikian divonis sebagai perbuatanย syirikย (menyekutukan Allah Swt.) dan bidโah
Benarkah demikian? Tulisan ini mencoba mengupas polemik tersebut dalam sudut pandang fiqhiyyah, sebelum menjawab tuduhan miring tersebut perlu kiranya kita tinjau ulang apa substansi daripada penghormatan terhadap Sang Saka Merah Putih ini.
Pada esensinya hormat terhadap bendera bukanlah sebagai bentuk penyembahan terhadap makhluk namun sebagai ekspresi cinta kepada tanah air serta ungkapan penghargaan terhadap para pahlawan yang telah memperjuangkan negeri ini. Selain itu, dalam prosesi upacara ini secara tidak langsung telah menanamkan nilai nasionalisme di sanubari generasi para penerus bangsa.
ย
Nasionalisme dalam Islam
Merujukย Kamus Besar Bahasa Indonesiaย (KBBI)ย nasionalisme diartikan dengan kesadaran keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan dan mengabadikan identitas, integritas, kemakmuran dan kekuatan sebuah bangsa, atau juga dibahasakan dengan semangat kebangsaan. Tentu, jiwa nasionalisme ini harus terpatri dalam sanubari setiap anak bangsa guna menjaga semangat mempertahankan, siap berkorban dan berjuang demi bangsa, sehingga hal demikian bisa menjadi kekuatan riil yang meperkokoh kedaulatannya.
Dalam Islam, sesungguhnya nasionalisme dan cinta tanah air telah dipraktikkan langsung oleh Rasulullah SAW. sebagaimana termaktub dalamย Sahih Bukhori:
ููุงูู ุฅูุฐูุง ููุฏูู ู ู ููู ุณูููุฑู ููููุธูุฑู ุฅูููู ุฌูุฏูุฑูุงูู ุงููู ูุฏููููุฉู ุฃูููุถูุนู ุฑูุงุญูููุชููู ููุฅููู ููุงูู ุนูููู ุฏูุงุจููุฉู ุญูุฑููููููุง ู ููู ุญูุจููููุง
โKetika Rasulullah Saw.ย pulang dari bepergianย dan melihat dindingย kota Madinah, beliau mempercepat lajuย untanya; dan bilaย mengendarai tungganganย (seperti kuda),ย maka beliau gerak-gerakkan karena cintanyaย padaย Madinah.โ (HR. Al-Bukhari)
Hadis di atas kemudian dikomentari oleh salah satu ulama yang pakar dalam bidang hadis, Syekh Ibn Hajar Al-Asqalani (w. 852 H). Beliau menyatakan dalam kitabnyaย Fath Al-Bari Syarh Sahih Al-Bukhariย bahwa dalam hadis itu terdapat petunjuk atas keutamaan Madinah dan disyariatkannya mencintai tanah air serta merindukannya.
Bukan hanya itu, bila menilikย sirahย nabiwiyyahย maka dikisahkan, di tengah perjalanan hijrah ke Madinah, Rasulullah Saw. sangat merindukan Makkah, tanah kelahirannya. Lalu malaikat Jibril datang dan bertanya: โApakah Engkau merindukan negerimu?โ Rasulullah Saw. kemudian menjawab: โYaโ. Lalu turunlah ayat:
ุฅูููู ุงูููุฐูู ููุฑูุถู ุนููููููู ุงููููุฑูุขูู ููุฑูุงุฏูููู ุฅูููู ู ูุนูุงุฏู
โSesungguhnya Allah yang mewajibkan kepadamu (melaksanakanย hukum-hukum)Al-Quran, benar-benar akan mengembalikanmuย ke tempat kembali (Makkah).โย (Q.S. Al-Qashash: 85)
Menurut pandangan mufassir kontemporer Syekh Muhammad al-Amin bin Abdullah al-Harari al-Syafiโi (w. 1441 H),ย pada ayat itu terdapat isyarat bahwa cinta tanah air merupakan bagian dari iman. [Al-Harari,ย Tafsir Hadaiq al-Rauh wa al-Raihan fi rawabi โUlum al-Qurโan, vol. 21, h. 309] Sehingga, nasionalisme sejatinya tidak perlu dipertentangkan dengan Islam, bahkan sebenarnya justru ia dapat menjadi media untuk mengimplementasikan ajaran-ajarannya.
ย
Penghormatan Kepada Bendera dan Menyanyikan Lagu Kebangsaan
Bendera merupakan simbol negara sebagai pemersatu bangsa, oleh karenanya tindakan penghormatan terhadap Sang Saka Merah Putih tidak lain sebagai ungkapan semangat juang untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan tanah air Indonesia. Sebagaimana telah disinggung di atas, bahwa hormat terhadap bendera merupakan bentuk ekspresi cinta tanah air dan nasionalisme sehingga, tindakan demikian bukanlah termasuk perkara yang diharamkan syariat.
Guru Besar Universitas Al-Azhar Kairo serta Ketua Komisi Fatwa Al-Azhar Asy-Syarifย Syekh Athiyyah Saqr (w. 2006 M) pernah merilis fatwa bahwa hormat bendera ini bukanlah termasuk perbuatan syirik apalagi bidโah. Beliau menyatakan:
ุงูุณูุคูุงูู: ูููููููู ุจูุนูุถู ุงูููููุงุณู : ุฅูููู ุชูุญููููุฉู ุงููุนูููู ู ุดูุฑููู ุจูุงูููู ุ ูููุงู ููุนูุธููู ู ุฅููุงูู ุงูููู ููุญูุฏููู ุ ูููููู ููููุง ุตูุญูููุญู ุ ุงููุฌูููุงุจู: ุงููุนูููู ู ุฑูู ูุฒู ููููููุทููู ูููู ุงููุนูุตูุฑู ุงููุญูุฏูููุซู ุ ููููุงูู ุนูููุฏู ุงููุนูุฑูุจู ุฑูู ูุฒูุง ููููููุจูููููุฉู ููุงููุฌูู ูุงุนูุฉูุ ููุณูููุฑู ุฎููููููู ููููุญูุงููุธู ุนููููููู ููููู ู ููู ููููุชูุณูุจู ุฅูููู ุงููููุจูููููุฉู ุฃููู ุงููุฌูู ูุงุนูุฉู ุ ูููููููู ูุง ููุงูู ุงููุนูููู ู ู ูุฑูููููุนูุง ุฏูููู ุนูููู ุนูุฒููุฉู ุฃููููููู ุ ููุฅูุฐูุง ุงููุชูููุณู ุฏูููู ุนูููู ุฐููููููู ู ุ ููููุนูุฑููู ุนูููุฏู ุงููุนูุฑูุจู ุจูุงุณูู ู ุงููุฑููุงููุฉู ุฃููู ุงูููููููุงุกู
โPertanyaan: Sebagian orang berkata bahwa hormat bendera ialah syirik, sebab tidak ada yang berhak diagungkan kecuali Allah Swt. Semata. Apakah itu benar? Jawab Syekh Athiyyah: Bendera ialah simbol negara di masa sekarang. Bangsa Arab juga memiliki simbol suku dan kelompok. Setiap kelompok akan berjalan di belakang bendera dan menjaganya. Setiap bendera ditinggikan, maka hal tersebut menunjukkan ketinggian bangsanya. Jika bendera tersebut jatuh, maka akan menunjukkan terhadap kehinaannya. Bagi bangsa Arab, bendera ini dikenal dengan istilah Rayah atau Liwaโ.โย [Dar Al-Ifta Al-Mishriyyah,ย Fatawa Al-Azharย vol. 10, h. 221, Maktabah Syamilah]
Selanjutnya dalam fatwa tersebut, beliau mengisahkan bahwa dalam peristiwa peperangan pada zaman Rasulullah Saw. kerap membawa Rayah atau Liwaโ (bendera) seperti dalam peristiwa perang Tabuk pembawa bendera saat itu ialah Zaid bin Haritsah, kemudian di pegang oleh Jaโfar bin Abi Thalib, kemudian Abdulloh bin Rawahah, lantas diraih oleh Tsabit bi Aqram Al-Ajlani dan diserahkan kepada sang panglima Khalid bin Walid. Dalamย closing statemen-nya, Syekh Athiyyah Saqr menegaskan:
ููุชูุญููููุฉู ุงููุนูููู ู ุจูุงููููุดูููุฏู ุฃููู ุงููุฅูุดูุงุฑูุฉู ุจูุงููููุฏู ูููู ููุถูุนู ู ูุนูููููู ุฅูุดูุนูุงุฑู ุจูุงูููููุงูุกู ููููููุทููู ููุงููุงูููุชูููุงูู ุญููููู ููููุงุฏูุชููู ููุงููุญูุฑูุตู ุนูููู ุญูู ูุงููุชููู ุ ููุฐููููู ูุงู ููุฏูุฎููู ูููู ู ูููููููู ู ุงููุนูุจูุงุฏูุฉู ูููู ุ ููููููุณู ููููููุง ุตููุงูุฉู ูููุงู ุฐูููุฑู ุญูุชููู ููููุงูู : ุฅููููููุง ุจูุฏูุนูุฉู ุฃููู ุชูููุฑููุจู ุฅูููู ุบูููุฑู ุงูููู
โDengan demikian, penghormatan terhadap bendera diiringi lagu kebangsaan ataupun isyarat menggunakan tangan yang diletakkan di anggota tubuh tertentu (seperti kepala) adalah bentuk cinta negara, bersatu dalam kepemimpinannya dan komitmen untuk menjaganya. Sehingga, hal ini tidak termasuk dalam kategori ibadah, karena di dalamnya tidak ada pelaksanaan salat dan dzikir, sehingga dikatakan: Ini bidโah atau mendekatkan diri kepada Allah Swt.โย [Dar Al-Ifta Al-Mishriyyah,ย Fatawa Al-Azharย vol. 10, h. 221 CD: Maktabah Syamilah]
Perihal menyenandungkan lagu kebangsaan dalam prosesi upacara yang diklaim oleh sebagian orang sebagai sesuatu yang dilarang dalam Islam serta dilabeli bidโah, maka kita perlu menelaah ulang ungkapan yang diutarakan oleh pakar fiqh asal suriah Syekh Dr. Wahbah Az-Zuhaili dalam ensiklopedinya:
ููุฃููููููู: ุฅูููู ุงููุฃูุบูุงูููู ุงููููุทููููููุฉู ุฃููู ุงููุฏููุงุนูููุฉู ุฅูููู ููุถูููููุฉูุ ุฃููู ุฌูููุงุฏูุ ูุงู ู ูุงููุนู ู ูููููุงุ ุจูุดูุฑูุทู ุนูุฏูู ูุงููุงูุฎูุชููุงูุทูุ ููุณูุชูุฑู ุฃูุฌูุฒูุงุกู ุงููู ูุฑูุฃูุฉู ู ูุง ุนูุฏูุง ุงููููุฌููู ููุงููููููููููู. ููุฃูู ููุง ุงููุฃูุบูุงูููู ุงููู ูุญูุฑูุถูุฉู ุนูููู ุงูุฑููุฐูููููุฉู ูููุงู ุดูููู ูููู ุญูุฑูู ูุชูููุงุ ุญูุชููู ุนูููุฏู ุงููููุงุฆููููููู ุจูุฅูุจูุงุญูุฉู ุงููุบูููุงุกูุ ููุนูููู ุงูุชููุฎูุตูููุตู ู ูููููุฑูุงุชู ุงููุฅูุฐูุงุนูุฉู ููุงูุชููููููุงุฒู ุงููููุซูููุฑูุฉู ูููู ููููุชูููุง ุงููุญูุงุถูุฑู
โMenurutku, lagu-lagu kebangsaan ataupun lagu-lagu yang memotivasi anak bangsa pada kemuliaan dan semangat perjuangan maka tidak ada larangan didalamnya. Selagi tidak terjadi ikhtilat (campur-baur) antara lelaki dan perempuan, serta tertutupnya tubuh perempuan selain wajah dan kedua telapak tangannya. Adapun, lagu-lagu yang mendorong seseorang pada akhlak tercela, maka hal ini jelas diharamkan sekalipun menurut ulama yang menyatakan kebolehan lagu dan nyanyian, terutama lagu-lagu yang mengandung unsur kemungkaran sebagaimana yang banyak ditayangkan oleh siaran radio dan stasiun televisi di era kini.โย [Az-Zuhaili,ย Al-Fiqh Al-Islami Wa Adillatuhu, (Damaskus: Dar al-Fikr, 2008 M), vol. 4, h. 2666]
Alhasil, dari berbagai keterangan diatas tampak dengan jelas bahwa penghormatan terhadap bendera merah putih bukanlah perbuatan syirik sebab tidak mengandung unsur ritual peribadatan serta aspek yang dapat menyekutukan Allah Swt. di dalam prosesinya.
Justru hormat terhadap bendera merah putih dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya merupakan ungkapan rasa cinta tanah air dan nasionalisme, selain itu juga sebagai bentuk manifestasi rasa syukur atas anugerah Allah Swt, yang telah mengaruniakan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Sehingga, pada dasarnya hukum hormat terhadap bendera merah putih dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya adalah sesuatu yangย mubahย (diperbolehkan) dalam tinjauan fiqh.ย Wallahu aโlam bisshawab.