Jaga Pilar

Vivere Pericoloso dan Bung Karno

1 Mins read

Banyak frasa dan kutipan bijak dari para seniman yang sering kita dengar di dunia ini, salah satunya ‘vivere pericoloso’ sebuah frasa terkenal dari Italia yang berarti hidup penuh bahaya.

Konon frasa tersebut digunakan sebagai slogan kaum Fasis oleh Benito Mussolini, dan dijadikan judul Pidato pada Hari Kemerdekaan Tahun 1964 oleh Presiden Pertama Indonesia yaitu Bung Karno. Tahun tersebut kemudian dikenal sebagai Tahun Vievere Pericoloso yang di mana dengan jelas mewakili situasi dan posisi Soekarno selaku Presiden Indonesia saat itu.

Kala itu pada masa kepemimpinan Bung Karno, Indonesia sedang gempar didera friksi antar kelompok (antara AD dan PKI), serta terjadi konfrotansi dengan Malaysia sehingga munculah istilah ‘Ganyang Malaysia’ saat itu. Seperti semangatnya yang berkobar dalam setiap penyampaian orasi, keberaniannya pun juga begitu.

Bung Karno yang pada saat itu mengidap masalah ginjal berani mengatakan ‘tidak’ kepada Amerika dan isu atas kedekatannya dengan RCC dan Unive Soviet.

Indonesia pada akhirnya mampu menumpas PKI dan berdamai dengan Malaysia, sampai pada tahun 1966 munculnya Supersemar menandakan selesainya kekuasaan Bung Karno sebagai Presiden.

Sejak saat itulah arti dari istilah ‘vivere pericoloso’ mulai berganti menjadi hidup mendekati bahaya yang dulunya kerap dikaitkan dengan kehidupan para jurnalis terutama wartawan politik. Istilah tersebut pada akhirnya mati dengan sendirinya pada sejak era Gus Dur hingga saat ini.

Bening Pembayun

vivere pericoloso
2118 posts

About author
Pilarkebangsaan.com adalah media yang menfokuskan diri pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan kenegaraan
Articles
Related posts
Jaga Pilar

Membersamai Mantan Teroris Kembali Ke Fitrah

2 Mins read
Dengan 236 juta penduduk Muslim, Indonesia menjadi negara nomor dua setelah Pakistan sebagai negara berpenduduk Muslim terbanyak di dunia. Hal ini sekaligus…
Jaga Pilar

TikTok: Antara Hiburan, Komunitas, dan Tantangan Digital

2 Mins read
Dalam era digital yang terus berkembang, aplikasi media sosial menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hal ini terjadi terutama di kalangan…
Jaga Pilar

Menjaga Bangsa: Menggugat Semangat Pungutan Hasil Perikanan

4 Mins read
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah bersemangat menggaungkan perbaikan pengelolaan perikanan tangkap melalui kebijakan Penangkapan Ikan Terukur (PIT) dan penarikan Pungutan Hasil…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *