Pancasila

Pancasila, Sumber Inspirasi Wujudkan Keadilan Gender

1 Mins read

Pilarkebangsaan.com – Ketua Pengurus Wilayah (PW) Fatayat Nahdhatul Ulama (NU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Khotimatul Husna mengatakan, Pancasila merupakan nilai mendasar  dan sumber inspirasi untuk mewujudkan keadilan dalam relasi gender.

“Perumusan Pancasila yang melibatkan peran aktif ulama saat itu jelas bersumber dari nilai ajaran Islam juga. Jadi, kita sebagai penerus perjuangan para ulama dan pendiri bangsa punya tanggung jawab untuk melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai fondasi atau dasar negara” kata Nyai Khotim panggilan akrabnya saat dihubungi Mubadalahnews, Sabtu, 1 Juni 2019.

Ia menilai, di dalam nilai-nilai Pancasila juga mengandung ajaran ketauhidan, menjunjung tinggi kemanusiaan, persatuan dan taawun (tolong menolong) dalam kebaikan, keadilan dan kesetaraan, serta kesejahteraan.

“Nilai-nilai mulia itu adalah nilai-nilai mendasar ketika kita ingin mewujudkan keadilan gender. Kita tidak bisa menjalankan ajaran tauhid dengan benar kalau kita masih menghambakan dan memperbudak. Yang lain misalnya juga kita tidak berperikemanusiaan kalau masih mendiskriminasi yang lain,” jelasnya.

Oleh sebab itu, dari nilai-nilai pancasila tersebut, ujar dia, seharusnya saling tolong-menolong antara laki-laki dan perempuan atau dengan pihak lainnya untuk kemaslahatan.

“Keadilan dan kesejahteraan hanya bisa terwujud jika semua, termasuk laki-laki dan perempuan, bekerja sama,” ucapnya.

Ia pun mengingatkan, Pancasila penting diterapkan karena selain sebagai dasar negara. Pancasila juga sebagai kesepakatan bersama sebagai bangsa Indonesia.

“Dengan memahami nilai Pancasila, kita akan lebih menghargai kemanusiaan tanpa diskriminasi untuk kemaslahatan seluruh alam,” tutupnya. (RUL)

Fachrul Misbahudin

Biasa disapa akrab dengan panggilan Arul, lulusan S1 Ekonomi Syariah di Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon,

1401 posts

About author
Pilarkebangsaan.com adalah media yang menfokuskan diri pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan kenegaraan
Articles
Related posts
Pancasila

Menagih Keseteraan Gender Kaum Perempuan Indonesia

3 Mins read
Patriarki, nampaknya kata tersebut tidak lagi terdengar asing untuk menggambarkan kondisi sosial di Indonesia sejak dulu. Patriarki memiliki artian secara sederhana yaitu…
Pancasila

Kapitalisme dan Sekularisme; Fitnah Jahat Aktivis Khilafah HTI untuk Memecah-belah NKRI

3 Mins read
Teori benturan peradaban (clash of civilizations) yang digagas Samuel Huntington sangat fenomenal pada akhir abad kedua puluh. Teori yang menyatakan bahwa identitas…
Pancasila

Ada Pancasila di Kutai Kartanegara

3 Mins read
Presiden Joko Widodo secara resmi telah mengumumkan bahwa Ibukota negara akan dipindah ke Kutai Kartanegara dan sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim)….
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *