Pancasila

Sejarah Singkat Hari Lahirnya Pancasila dan Cara Menyikapinya

3 Mins read

Pancasila merupakan pilar ideologi negara Indonesia yang tercantum pada Alinea ke-4 pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Pancasila yang diambil dari Bahasa Sanskerta yaitu panca yang artinya lima dan sila artinya asas atau prinsip. Kelima prinsip tersebut adalah ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosoial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebelum Pancasila di sahkan sebagai dasar negara Indonesia di bentuklah BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 1 Maret 1945 yang diketuai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T) Radjiman Wedyodiningrat.

Hari pertama Muhammad Yamin mengemukakan 5 asas, yaitu; Kebangsaan, Kemanusiaan, Ketuhanan, Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat. Pada hari kedua Soepomo juga mengemukakan 5 asas, yaitu; Persatuan, Kekeluargaan, Mufakat dan Demokrasi, Musyawarah, dan Keadilan Sosial. Hari ke tiga Soekarno juga mengusulkan 5 asas, yaitu; Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Prikemanusiaan, Persatuan dan Kesatuan, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pada tanggal 1 Juni 1945 Panca Sila dikemukakan oleh Soekarno dalam pidato spontannya yang kemudian dikenal dengan judul “Lahirnya Pancasila”. Berikut merupakan isi dari pidato Soekarno:

Sekarang banyaknya prinsip: Kebangsaan, Nasionalisme, Mufakat, Kesejahteraan, dan Ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli Bahasa – Namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar dan diatas lima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.

Maka sejak tanggal 1 Juni 2016 Presidan Joko Widodo menandatangani keputan presidan (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila sekaligus menetapkannya sebagai hari libur nasional yang berlaku mulai tahun 2017.

Nah sekarang kita sedikit lebih tahu tentang sejarah singkat hari lahirnya Pancasila. Tetapi saat ini dunia sedang merasa gelisah akibat virus corona yang berbahaya dan sangat cepat penyebarannya. Kali ini ada beberapa guru yang mengemukakan pendapatnya dalam menyikapi hari lahir Pancasila saat pandemi seperti ini:

Lahirnya pancasila merupakan bukti sejarah tentang kecerdasan bangsa indonesia yg memiliki peradaban tinggi. (Dra. Hj. Neni Argaeni, M.Pd.I)

Tanggal 1 juni 1945, Ir Soekarno, memperkenalkan utk pertama kalinya Pancasila. dan di resmikan sbg dasar negara pd tgl 18 Agustus 1945. Karena itu marilah kita amalkan Pancasila dlm kehidupan sehari2, terutama di tengah situasi pandemi ini, misalnya saling tolong menolong masyarakat di sekitar kita yang dalam kesulitan. Dan bisa mewujudkan nilai-nilai Pancasila dlm tindakan nyata perbuatan sehari-hari. (Yayuk Novianti, S.Ag)

Selamat hari kesaktian Pancasila! (Titi Hananingsih, M.Si)

 Di zaman bung Karno semua pidatonya bersemangat, menggerakkan, menyuarakan kedaulatan, dan dikenang sepanjang sejarah. Begitulah pemimpin seharusnya mengukir sejarahnya semangat revolusionernya mengalir dari generasi ke generasi.

“Pancasila menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan persatuan dalam menghadapi semua tantangan,menggerakkan kepedulian untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan kegotoroyongan kita untuk meringankan beban selutuh anak negeri, dan menumbuhkan daya juang kita di setiap kesulitan. Sebagai bangsa yang besar harus tampil  sebagai pemenang,”

(Pidato Presiden Joko Widodo, 1 Juni 2020)

“Didepan Seragam kita ada simbol negara ,tugas kita menomorsatukan rakyat daripada diri sendiri”

(Gubernur Anies Baswedan,2020)

Gotong royong sebagai ideologi turunan Pancasila diupayakan  bisa menggerakkan rakyat perang terhadap covid 19. Dan ini akan menjadi momen historis sebuah Gerakan Kolaborasi Kemandirian Rakyat .

Perlu kita ingat bersama bahwa Pancasila lahir sebagai bentuk “perlawanan” praktik kolonialisme dan imperialisme.

Pancasila sebagai rujukan & inspirasi praktik benar demokrasi  bukan demokrasi korporasi yang menumbuhsuburkan KORUPSI

Selamat Hari Lahir Pancasila. Ya Dzat yang Maha Esa yang namaMu tercantum di sila pertama Pancasila smoga Hari lahir Pancasila jadi momentum untuk persatuan, kedaulatan, keadilan, kemakmura, lindungilah pemimpin kami selalu teguh iman dan taqwa condong ke kebenaran

Pancasila adalah alat pemersatu bangsa Indonesia yang lahir dari perjalanan panjang masyarakat indonesia dengan penuh perjuangan dan pengorbanan yang berat dan hebat. Pertahankan persatuan dan kesatuan bangsa indonesia sebagai wujud syukur kepada Allah dan berterimakasih kepada para leluhur dan pejuang kemerdekaan negara republik Indonesia (Muslim, S.Ag)

Menurut saya, pancasila memiliki makna tersendiri dari ke lima sila nya untuk berperilaku berkehidupan masyarakat. Dari sila sila itu kita bisa menerapkan dalam kehidupan kita sehari hari. (Eka Sari, S.Pd)

Semua orang memiliki peemikirannya masing-masing, berbeda pendapat itu wajar asal jangan di jadikan untuk ajang adu domba dan memecah belah. Belajarlah dari pengalaman, karena guru yang paling berharga adalah pengalaman yang dapat membangun kita mendai lebih baik lagi.

1390 posts

About author
Pilarkebangsaan.com adalah media yang menfokuskan diri pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan kenegaraan
Articles
Related posts
Pancasila

Ada Pancasila di Kutai Kartanegara

3 Mins read
Presiden Joko Widodo secara resmi telah mengumumkan bahwa Ibukota negara akan dipindah ke Kutai Kartanegara dan sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim)….
Pancasila

Gempa Cianjur dan Wujud Intoleransi di Tengah Persoalan Sosial

2 Mins read
Sangat disayangkan ketika beredar sebuah video yang menampilkan warga yang sedang mencopot logo bertuliskan gereja reformed di sebuah tenda bantuan korban gempa Cianjur. Momen…
Pancasila

Strategi Menangkal Paham Terorisme di Era Disrupsi

4 Mins read
Sejak tahun 2020, terjadi perubahan besar-besaran dan hal-hal yang sifatnya baru mulai muncul di permukaan. Dari kejadian inilah yang melatarbelakangi banyak kalangan…
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *